Thursday 13 January 2011

Budidaya Ikan Tombro


Ikan Tombro merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Ikan Tombro sangat terkenal di masyarakat karena memiliki rasa daging yang enak dan gurih serta kandungan gizinya cukup tinggi. Itulah sebabnya ikan tombro menjadi salah satu ikan konsumsi yang sangat potensial dalam pasaran.

Cara membudidayakan ikan Tombro adalah : mulai dari persiapan kolam, pengisian air, penebaran benih, pengontrolan kualitas air, pengendalian hama penyakit, mengamati pertumbuhan, pemberian pakan, panen dan pemasaran. Ikan tombro termasuk jenis ikan omnivora cenderung ke herbivora, karena ikan ini menyerap makanan alami berupa organisme hewani dan organisme nabati.

Kami menggunakan 3 kolam beton dengan ukuran 2  x 1,5  x  1 m. Air yang digunakan berasal dari sungai. Air diisi setinggi 50-60 cm. Padat tebar ikan adalah 1000 ekor dengan ukuran 3-5 cm, dengan suhu 24-30 derajat Celcius,  dengan pH 6-7. Ikan Tombro ini hidup pada air yang tidak begitu deras, tetapi harus ada sirkulasi air secara terus menerus, agar pertumbuhannya optimal.

Pemberian pakan dilakukan 3 kali dalam sehari, dengan ukuran 200 gram /per ekor. Lama pemeliharaan sampai siap dijual,kurang lebih 3-4 bulan.

2 comments:

  1. Bagaimana cara memijahkannya, selain ditangkap di alam liar?

    ReplyDelete
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan ovaprim untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete