Minggu, 16 Januari 2011

Gurun Gobi (Gobi Desert)



Gobi (Hanzi: 戈壁(沙漠) pinyin: Gēbì (Shāmò); Bahasa Mongolia: Говь [Gowi]) adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia. Dengan luas mencapai 1.296.000 kilometer persegi, Panjang gurun dari utara ke selatan 800 km (497 mil) dan jarak dari barat ke timur sekitar 1.610 km (1.000 mil). 

Gurun Gobi adalah gurun pasir terbesar di Asia dan gurun pasir terbesar ke empat di dunia.  Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altay serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya , dan oleh dataran Cina Utara di sebelah tenggara.

Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti "sangat besar dan kering". Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia.

Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra.

Temperatur di pusat gurun ini sangat ekstrim dan tiupan anginnya kerap ekstrim menyerang. Sebagian besar Gobi tidak berpasir tetapi ditutupi batu cadas gundul. Oasis dan kehidupan di gurun ini sangat langka. Dalam bahasa Mongolia, Gobi berarti "dataran tertutup kerikil", dan gurun Gobi ternyata sangat unik.

Gurun Gobi terbagi menjadi lima daerah yang sangat unik; Gobi Timur, Plato Alashan, Lembah Danau Gobi dan Lembah Junggar.

Gobi Timur merupakan gurun steppa. hanya rerumputan dan pasir yang menghiasi permukaan tanah. Plato Alashan berkarakter semi gurun pasir, Lembah Danau Gobi hanyalah padang rumput dan pasir, Lembah Junggar yang semi padang pasir dan pegunungan Tian Shan.

Danau Crescent


Danau gurun ini berlokasi di ujung sebuah kota kuno yang bisa dijumpai pada perjalanan sepanjang Silk Road ke Barat. Saat ini danau ini mulai mengering dan turun lebih dari 25 feet sepanjang 30 tahun terakhir karena digunakan langsung oleh petani dan populasi yang semakin meningkat. Ini mengakibatkan berangsur menghilangnya danau ini yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Galeri Gambar
 










 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar