Friday 14 January 2011

Karang Penghalang Besar (The Great Barrier Reef)



 
The Great Barrier Reef (Karang Penghalang Besar) di lepas pantai timur Australia adalah salah satu keajaiban alam dunia. Di tempat ini terdapat terumbu karang terbesar di dunia, sebuah adikarya hidup yang begitu besar sehingga dapat dilihat dari luar angkasa. Daerah ini membentang lebih dari 2.600 kilometer di Laut Koral, di sepanjang pantai Queensland, dari kota daratan Port Douglas sampai Bundaberg dan mencakup wilayah terumbu karang seluas lebih dari 300.000 km persegi, dengan kurang lebih 3000 karang. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Terdapat lebih dari 900 pulau dengan dikelilingi pohon palem dan pulau-pulau berwarna pelangi. Karang di sini membentuk beberapa terumbu dan cays dan menjadi habitat untuk berbagai macam kehidupan laut, termasuk penyu hijau, beberapa jenis ikan paus dan lumba-lumba, dugong, sekitar 4000 jenis moluska, 1500 jenis spesies ikan serta 200 spesies burung berwarna indah. The Great Reef Marine Park adalah atraksi wisata besar dengan lebih dari dua juta wisatawan mengunjungi daerah ini setiap tahunnya. Beberapa kegiatan olahraga yang menarik antara lain, berlayar di antara karang, scuba diving dan snorkeling.

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Lima cara untuk menjelajahi Great Barrier Reef

Berpesta di Pulau-pulau

Berpesta di pantai Airlie, sambil menikmati berbagai olahraga air di Hamilton, bulan madu di atas Hayman yang mewah atau sekedar bersantai di atas pasir putih nan lembut pantai Whitehaven yang terletak di Pulau Whitsunday.  Di Great Barrier Reef ini terdapat pulau-pulau dengan beberapa taman Nasional yang cukup lebat.  Ada pulau Green dan Fitzroy dekat Cairns, kemudian pulau Dunk, Bedarra, Hinchinbrook dan Orpheus di sebelah selatan. Di Pulau Hayman, Heron dan Lizard wisatawan dapat melihat-lihat resor atau berolahraga menyelam dengan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Untuk akomodasi, para wisatawan  akan menemukan segalanya, mulai dari resor bintang lima sampai  tenda-tenda sederhana di lingkungan yang alami.

Wisata Menyelam

Alternatif lain, para wisatawan dapat mengamati langsung terumbu karang yang berwarna-warni  dan berbagai kehidupan laut dengan menumpang perahu, berlantai kaca dari kota-kota pesisir seperti Cairns, Port Douglas, Townsville, Bundaberg, Rockhampton, Mackay, Mission Beach dan Airlie Beach. Atau merasakan tenangnya air laut, dengan terjun langsung ke dalam laut dalam yang tenang, menyelam melalui  terowongan dan gua-gua  bawah air di antara terumbu karang bersama pengelola sekolah menyelam atau pengelola perjalanan wisata. Snorkeling atau menyelam dapat juga dilakukan di tepi landas benua di Agincourt Reef dari Cairns, atau menjelajahi kapal karam SS Yongala dari Townsville dan Magnetic Island serta kapal karam Llewellyn dari Mackay. Saksikan juga dan berenanglah bersama bintang laut, kepiting dan kerang di Terumbu Karang Fitzroy, Capricorn dan Bunker dekat Gladstone. Atau mungkin menjelajahi ngarai karang yang indah sambil menyaksikan penyu laut dekat Pulau Lady Elliot dan Lady Musgrave. Di Kepulauan Whitsunday, air yang jernih dan hangat serta terumbu karang berwarna-warni dapat dinikmati dengan perjalanan sehari dari resor Anda.

Berlayar Dari Pulau ke Pulau

Alternati berikutnya, berlayar dari Port Douglas menuju Low Isles, sebuah pulau indah terpencil yang ditemukan oleh Kapten Cook pada tahun 1770. Atau menyewa perahu dari Pulau Hamilton atau Airlie Beach dan berlayar melintasi laut biru di Whitsundays. Berlabuh dan bermalam di pelabuhan yang indah seperti Whitehaven Beach, Cid Harbour dan Butterfly Bay dan mengunjungi terumbu karang di Pulau Black, Langford dan Bird di sepanjang perjalanan. Para wisatawan  dapat berhenti sejenak untuk melepas penat di Pulau Daydream, Hamilton atau Long Island. Mereka juga bisa menumpang perahu tanpa awak dari Cairns atau Airlie Beach menuju bagian luar Greater Barrier Reef. Belajar berlayar bersama anak buah kapal yang terampil atau bersama nakhoda sampai Anda cukup percaya diri untuk mengemudikan kapal sendiri. Para wisatawan juga bisa menyewa kapal mulai dari jenis Maxi Racers sampai katamaran, lengkap dengan awaknya yang terlatih. Atau bertemu dengan orang-orang baru di kapal sewaan semalam, berawak lengkap.

Menikmati Udara Bebas Di Hutan Hujan

Alternatif ke empat, berjalan, berkemah dan menyatu dengan alam di taman nasional yang membentang dari Cape York sampai kepulauan Whitsunday yang subur. Berlayar melintasi Sungai Daintree dan mengunjungi Mossman Gorge di Hutan Hujan Daintree. Lihat hewan malam dan bersenang-senang di air terjun Bloomfield Falls ketika Anda sampai di Cape Tribulation, di mana pepohonan seperti menyatu dengan terumbu karang. Berjalan melintasi hutan semak melalui ngarai-ngarai dan hutan hujan subtropis dan tropis di Taman Nasional Eungella, yang terletak di pegunungan berselimut kabut di bagian barat Mackay. Bertamasya di bawah pohon mahoni rawa dan pohon gum merah dan nikmati pemandangan indah dan berbagai jenis burung serta hewan liar. Di Taman Nasional Whitsunday, Anda dapat berjalan dari Tongue Bay di Pulau Whitsunday untuk menikmati pemandangan yang indah. Atau melihat seni cadas berharga karya suku Ngaro di Nara Inlet, Pulau Hook . Berkemah, bangun pagi mendengar kicauan burung, berenang di pantai terpencil dan nikmati udara hutan hujan yang harum di Pulau Hook, Long, Cid, North dan South Molle.

Petualangan melewati Jalan Udara
 
Alternatif kelima, saksikan keindahan Hutan Hujan Daintree dan Great Barrier Reef dengan penerbangan helikopter menuju Green Island. Heart Reef yang spektakuler terletak di Hardy Reef di Kepulauan Whitsunday dan paling tepat diamati melalui kapal terbang laut atau helikopter. Gabungkan perjalanan sehari snorkeling menuju terumbu karang dari Cairns dengan perjalanan balon udara panas di atas Atherton Tablelands. Naik kapal katamaran mewah dari Cairns dan Port Douglas menuju bagian luar Great Barrier Reef. Atau berlayar di antara Cairns dan Townsville dalam pelayaran tiga hari dengan kapal pesiar mewah. Bermalam di Airlie Beach atau di resor di Pulau Hamilton atau Daydream dan cobalah permainan parasailing, berperahu, berjalan melintasi hutan semak, berkayak di laut, memancing, snorkeling dan masih banyak lagi.


Galeri Gambar























 

1 comment: