Saturday 4 December 2010

Danau Ubur-ubur (Jellyfish Lake)



Danau Ubur ubur atau Ongeim'l Tketau adalah sebuah danau laut yang terletak di pulau Eil Malk bagian dari Kepulauan Rock, di selatan Lagoon, sebuah kepulauan yang sebagaian besar terdiri dari pulau-pulau karang, dan tak berpenghuni, antara Koror dan Peleliu. Itu adalah danau terindah sekaligus berbahaya di dunia, dimana danau ini menjadi rumah bagi sekitar 20 juta ubur-ubur, yang beraneka warna. Di kawasan Kepulauan Rock Eli Malk terdapat sekitar 70 danau air laut, namun yang paling terkenal adalah danau ubur-ubur ini.



 

Walau berbahaya danau ini tetap jadi surga bagi para penyelam untuk melihat keindahannya.Para penyelam dunia sangat suka mengunjungi danau ini karena pemandangan indah di dasar danau.

Untuk melihat aktivitas dan warna-warni ubur-ubur yang sangat indah tersebut, para penyelam tidak harus menyelam sedemikan dalam. Mereka sudah dapat melihatnya pada kedalaman kurang dari 5 meter.
Jika belum puas, memang mereka bisa menyelam lebih dalam menuju dasar danau, tetapi pada kedalaman lebih dari 5 meter, para penyelam dihimbau berhati-hati, dan mereka harus menggunakan peralatan menyelam yang memadai, karena konsentrasi racun ubur-ubur yang sangat besar.


Diduga, dasar  danau ubur-ubur ini terhubung dengan laut lewat retakan dan terowongan di dinding danau. Itulah yang menjadi ‘jalan' bagi ubur-ubur lain masuk ke danau itu. Bagi  yang tak ingin menyelam, dan cukup puas dengan hanya memandang dari permukaan air danau, mereka masih dapat melihat ubur-ubur emas, yang  setiap saat menampakkan diri, naik ke permukaan danau.

Keunikan lain dari ubur-ubur di danau ini adalah spesiesnya berbeda dengan ubur-ubur yang berada di dekat laguna. Mungkin karena ubur-ubur di danau telah berevolusi sehingga tampilan mereka berbeda dengan kerabatnya di laguna


No comments:

Post a Comment