Sydney Harbour Bridge, New South Wales, yang juga dikenal dengan sebutan ”Coathanger”, adalah jembatan yang melintasi pelabuhan Sydney, panjang totalnya 1149 meter. Desain jembatan mempunyai bentukan melengkung dari baja sepanjang 503 m, dan bentang utamanya, merupakan lengkung terpanjang ke empat di dunia, dan hanya satu meter lebih pendek dibanding Bayonne Bridge di New York. Lebar dek jembatan 49 meter, menjadikannya salah satu jembatan terlebar di dunia.
Pekerjaan konstruksi dimulai tahun 1924, dan dapat diselesaikan sembilan tahun kemudian, serta diresmikan tanggal 19 Maret 1932. Pekerjaan pembangunan konstruksi ini melibatkan 1.400 pekerja dan menghabiskan dana £4.2 juta. Enam juta beton dan 53.000 ton baja digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan ini.
Pekerjaan konstruksi dimulai tahun 1924, dan dapat diselesaikan sembilan tahun kemudian, serta diresmikan tanggal 19 Maret 1932. Pekerjaan pembangunan konstruksi ini melibatkan 1.400 pekerja dan menghabiskan dana £4.2 juta. Enam juta beton dan 53.000 ton baja digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan ini.
Gagasan untuk membangun Sydney Harbour Bridge, sebenarnya pertama kali disampaikan oleh Francis Greenway, tahun 1815. Meskipun sempat dibicarakan, tahun 1900 diputuskan bahwa gagasan ini tidak jadi direalisasikan oleh karena berbagai sebab dan alasan. Tetapi setelah, Perang Dunia I, desakan dan kepentingan untuk membangun jembatan ini menjadi semakin besar, sehingga gagasan ini dihidupkan lagi.
Desain umum jembatan disiapkan oleh Dr. John J.C. Bradfiel dan pemerintah New South Wales (NSW), khususnya Departemen Pekerjaan Umum. Dr. John J.C. Bradfiel, mengambil idenya dari New York’s Hell Gate Bridge. Sedangkan desain detailnya dan proses pendirian jembatan dilakukan oleh kontraktor konsultan tehnik Sir Ralph Freeman dari Sir Douglas Fox and Partners dan dibantu oleh Mr. G.C Imbault.
Tahun 1922, pemerintah NSW mengundang kontraktor dari berbagai belahan dunia untuk mengikuti tender pembangunan konstruksi jembatan ini. Sebanyak 20 proposal yang masuk dari 6 kontraktor diterima oleh pemerintah NSW, dan akhirnya tanggal 24 Maret 1924 diumumkan bahwa kontrak pembangunan dimenangkan oleh Dorman Long and Co of Middlesbrough, dari Inggris.
Lengkungan baja di atas jembatan ini menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, mencapai 134 m, di atas permukaan air. Jarak dari permukaan air ke titik tertinggi pada dek jembatan 49 m. Jembatan ini mempunyai engsel yang sangat besar, yang terletak di kaki tiang menara, di tiap-tiap sisi jembatan, untuk menyerap pemuaian akibat panasnya sinar matahari di Sydney.
Cat yang dibutuhkan untuk mengecat permukaan jembatan ini sama dengan yang dibutuhkan untuk mengecat 60 kali luas permukaan lapangan olahraga.
Jembatan ini terbagi menjadi delapan jalur, yang masing-masing dua untuk jalur tram (sampai tahun1958), dua jalur untuk rel KA, satu jalur di sisi timur untuk pejalan kaki dan satu jalur untuk sepeda di sisi barat.
Total baja yang dipergunakan 52.800 ton, sekitar 39.000 ton diantaranya dipergunakan pada lengkung jembatan. Baja-baja yang 79% diantaranya diimpor dari Inggris ini, saling disambungkan dengan menggunakan 6 juta paku keling. Tiang menaranya setinggi 89 meter, terbuat dari granit dan beton. Pembangunan menara ini, sebenarnya secara struktural tidak memiliki tujuan tertentu, selain hanya memberikan tambahan kekuatan untuk menjaga agar lengkung baja tidak rubuh dan tetap stabil.
Bentang di masing-masing sisi bentuknya sangat sederhana, tetapi bentang utama, bentuknya sangat kompleks. Februari 1932, jembatan ini diuji coba dengan menempatkan 96 lokomotif uap dengan berbagai konfigurasi. Dan pada hari Sabtu 19 Maret 1932, jembatan ini diresmikan dengan disaksikan sekitar 300.000 – 1.000.000 orang
Tahun 1932, kendaraan yang melintasi jembatan ini sekitar 11.000 kendaraan per hari sampai sedangkan saat ini bisa mencapai lebih dari 160.000 kendaraan per hari.
Sebuah terowongan (Sydney Harbour Tunnel) sepanjang 2,3 km telah dibangun untuk menanggulangi peningkatan arus kendaraan yang semakin tinggi dan dibuka tahun 1992. Teronwongan senilai 554 juta dolar AUS sanggup untuk menahan gempa bumi atau kapal tenggelam dan saat ini dilintasi 75.000 kendaraan per hari.
Terdapat cerita menarik saat akan dilakukan peresmian penggunaan jembatan ini. Pada saat John ”Jack” T. Lang akan menggunting pita sebagai tanda persemian jembatan Sydney Harbour, Captain Francis De Groot dari partai politik The New Guard menggunting pita dengan pedangnya. Captain De Groot percaya bahwa hanya orang anggota Royal Family saja yang berhak membuka jembatan ini. Captain De Groot, akhirnya ditahan dan Sang Perdana Menteri kemudian menggunting pita dan membuka secara resmi.
Length of arch span : 503 metres
Height of top of arch : 134 metres above mean sea level
Height to top of aircraft beacon : 141 metres above mean sea level
Width of deck : 49 metres
Clearance for shipping : 49 metres
Height of pylons : 89 metres above mean sea level
Base of each abutment tower : 68 metres across and 48 metres long (two pylons rest on each abutment tower)
Total length of bridge : 1149 metres including approach spans
Bearing pins : Each of the four pins measures 4.2 metres long and 368 millimetres in diameter
Thrust on bearings : Under maximum load approximately 20,000 tonnes on each bearing
Number of rivets : Approximately 6,000,000
Largest rivet : Weighed 3.5 kilograms and was 395 millimetres long
Longest hanger : 58.8 metres
Shortest hanger : 7.3 metres
Total weight of steelwork : 52,800 tonnes including arch and mild steel approach spans
Weight of arch : 39,000 tonnes
Rock excavated for foundations : 122,000 cubic metres
Concrete used for bridge : 95,000 cubic metres
Granite facing used on pylons & piers : 17,000 cubic metres
Allowance for deck expansion : 420 millimetres
Allowance for arch expansion : The arch may rise or fall 18 centimetres due to heating or cooling
Number of panels in arch : 28, each 18.28 metres wide
Record tonnage erected : 589 tonnes of steelwork was erected on the arch in one day on 26 November 1929
Paint required : 272,000 litres of paint were required to give the Bridge its initial three coats
Height of top of arch : 134 metres above mean sea level
Height to top of aircraft beacon : 141 metres above mean sea level
Width of deck : 49 metres
Clearance for shipping : 49 metres
Height of pylons : 89 metres above mean sea level
Base of each abutment tower : 68 metres across and 48 metres long (two pylons rest on each abutment tower)
Total length of bridge : 1149 metres including approach spans
Bearing pins : Each of the four pins measures 4.2 metres long and 368 millimetres in diameter
Thrust on bearings : Under maximum load approximately 20,000 tonnes on each bearing
Number of rivets : Approximately 6,000,000
Largest rivet : Weighed 3.5 kilograms and was 395 millimetres long
Longest hanger : 58.8 metres
Shortest hanger : 7.3 metres
Total weight of steelwork : 52,800 tonnes including arch and mild steel approach spans
Weight of arch : 39,000 tonnes
Rock excavated for foundations : 122,000 cubic metres
Concrete used for bridge : 95,000 cubic metres
Granite facing used on pylons & piers : 17,000 cubic metres
Allowance for deck expansion : 420 millimetres
Allowance for arch expansion : The arch may rise or fall 18 centimetres due to heating or cooling
Number of panels in arch : 28, each 18.28 metres wide
Record tonnage erected : 589 tonnes of steelwork was erected on the arch in one day on 26 November 1929
Paint required : 272,000 litres of paint were required to give the Bridge its initial three coats
Mantab betul infonya. Trims...
ReplyDelete