Friday 4 February 2011

Asam Mefenamat (Mefenamic Acid)


Pemberian dan Penggunaan Obat Ini Harus Di Bawah Pengawasan Dokter 

Farmakologi

Asam mefenamat merupakan kelompok antiinflamasi non steroid (AINS), yang bekerja dengan cara menghambat sintesa prostaglandin dalam jaringan tubuh dengan menghambat enzym siklooksigenase sehingga mempunyai efek analgesik antiinflamasi dan antipiretik

Indikasi:

Dapat menghilangkan nyeri akut dan kronik, ringan sampai sedang sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri setelah operasi, nyeri pada persalinan.

Kontra Indikasi

·         Pasien yang hipersensitf terhadap asam mefenamat
·         Penderita yang dengan asetosal mengalami bronkospasme, alergi rinitis dan urtikaria.
·         Penderita dengan tukak lambung dan usus.
·         Penderita dengan gangguan ginjal yang berat.

Efek Samping

·         Pada pencernaan : mual, muntah, diare, dan rasa sakit pada abdominal,
·         Pada sistem hematopoetik : leukopenia, eosinophilia, trombocytopenia, dan agranulocytopenia,
·         Pada sistem saraf : rasa mengantuk, pusing, penglihatan kabur dan insomnia.

Peringatan dan Perhatian

·         Sebaiknya diminum sesudah makan
·         Hati-hati jika digunakan pada wanita hamil dan menyusui
·         Keamanan penggunaan pada anak-anak dibawah 14 tahun belum diketahui.

Efek Pada Kardiovaskuler

Gangguan Trombotik Kardiovaskuler

Uji klinis dengan berbagai COX-2 selektif dan AINS nonselektif selama tiga tahun menunjukkan peningkatan resiko gangguan trombotik kardiovaskuler serius, infark miokard dan stroke, yang dapat berakibat fatal.
AINS, baik COX-2 selektif maupun non selektif dapat menyebabkan resiko yang sama. Resiko dapat meningkat pada pasien yang diketahui menderita penyakit kardiovaskuler atau emmiliki faktor resiko penyakit kardiovaskuler. 
Untuk mengurangi resiko efek samping tersebut, AINS, sebaiknya diberikan dengan dosis efektif terendah dan lama pengobatan sesingkat mungkin.

Dokter dan pasien sebaiknya waspada terhadap perkembangan terjadinya efek samping tersebut, walaupun tidak ada gejala gangguan kardiovaskuler, sebelumnya.

Pasien sebaiknya diberikan informasi mengenai tanda dan/atau gejla gangguan kardiovaskuler serius dan langkah yang harus dilakukan, jika tanda dan/atau gejala tersebut muncul.

Belum ada bukti klinis bahwa penggunaan bersama asetosal dapat mengurangi peningkatan resiko efek samping trombotik kardiovaskuler serius oleh AINS. Penggunaan AINS bersama Asetosal justru meningkatkan resiko efek samping serius pada saluran cerna.

Hipertensi

AINS, dapat menyebabkan munculnya hipertensi baru atau memperberat hipertensi yang sudah ada sebelumnya, yang dapat berakibat pada peningkatan insidensi efek sampaing kardiovaskuler.

AINS, dapat menurunkan efek antihipertensi tiazid atau diuretic kuat. AINS, sebaiknya digunakan dengan hati-hati pada pasien hipertensi. Tekanan darahs ebaiknya dimonitor dengan ketat sejak awal dan selama terapi.

Gagal Jantung Kongestif dan Edema

Retensi cairan dan edema terjadi pada beberapa pasien yang menggunakan AINS, sehingga hati-hati jika diberikan pada pasien dengan retensi cairan atau gagal jantung.

Efek Gastrointestinal

Resiko Ulcerasi, Perdarahan dan Perforasi

AINS dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal serius termasuk inflamasi, perdarahan, ulcerasi, dan perforasi lambung dan usus, yang dapat berakibat fatal. Efek samping serius ini dapat terjadi kapanpun dengan atau tanpa ada gejala peringatan. Hanya satu dari 5 pasien yang mengalami efek samping serius pada saluran cerna atas, menunjukkan gejala. Ulkus pada saluran cerna atas, perdarahan, atau perforasi yang disebabkan AINS terjadi pada sekitar 1% pasien yang diobati, selama 3 – 6 bulan, dan pada kira-kira 2 – 4 % pasien yang diobati selama satu tahun.

Penggunaan yang lebih lama cenderung meningkatkan kemungkinan terjadinya efek samping gastrointestinal serius. Namun pengobatan jangka pendek pun bukan berarti tanpa resiko.

AINS sebaiknya diresepkan dengans angat hati-hati pada apsien yang memiliki riwayat penyakit tukak lambung atau perdarahan gastrointestinal sebelumnya. Pasien dengan riwayat tukak peptic dan atau perdarahan gastrointestinal yang menggunakan AINS memiliki resiko terjadinya perdarahan gastrointestinal 10 kali lipat dibandingkan dengan pasien tanpa faktor resiko tersebut.

Faktor-faktor lain yang meningktakan perdarahan gastrointestinal antara lain penggunaan bersama kortikosteroid, atau antikoagulan oral, penggunaan AINS yang lama, merokok, pengguna alcohol, usia lanjut, dan status keadaan umum yang buruk.

Sebagian besar kejadian efek samping gastrointestinal fatal, terjadi pada pasien usia lanjut atau pasien yang lemah. Oleh karena itu, perhatian khusus perlu diberikan dalam pengobatan populasi ini.

Untuk mengurangi resiko efek samping gastrointestinal pada pasien yang diobati dengan AINS, dosis efektif terendah harus diberikan dengan lama pengobatan sesingkat mungkin.

Dokter dan pasien perlu waspada terhadap tanda dan/atau gejala ulcerasi dan perdarahan gastrointestinal, selama terapi dengan AINS. Jika dicurigai adanya efek samping gastrointestinal yang serius, segera lakukan evaluasi serta pengobatan tambahan. Untuk pasien beresiko tinggi, terapi alternative yang tidak melibatkan AINS, sebaiknya perlu dipertimbangkan.

Interaksi Obat

Penggunaan bersamaan dengan antikoagulan oral dapat memperpanjang prothrombine time.

Dosis:

Digunakan melalui mulut (per oral), sebaiknya sewaktu makan.

Dewasa dan anak >14 tahun :
 
Dosis awal yang dianjurkan 500 mg, kemudian dilanjutkan 250 mg tiap 6 jam, sesuai dengan kebutuhan.

Over dosis :

Jika terjadi overdosis, maka pasien harus dirangsang muntah atau pasien diberi arang aktif (karbo absorben) untuk menyerap obat.

13 comments:

  1. Terimakasih atas penjelasannya, sangat membantu..

    ReplyDelete
  2. Ternyata kalau cari obat di lihat kandungannya y bukan mrk obtnya
    Trimakasih

    ReplyDelete
  3. Memang harus ekstra hati-hati minum obat, karena saya pernah terjadi pendarahan hebat pada lambung, saat minum obat ini meskipun obat ini diberikan oleh dokter dan baru minum satu kaplet.

    ReplyDelete
  4. Ini Obat apa RACUN jangka panjang ? :3

    ReplyDelete
  5. Tapi saya minum dosis 500mg... Dan itu tidak sampai jangka 6 jam.... Saya minum obat ini sesudah sarapan jam 6.30an... Lalu sesudah makan siang jam 12.00an.... Dan sesudah makan malam.... Jam 19.30an...

    ReplyDelete
  6. Saya minum obat ini setelah terjatuh dari tangga dan pingsan selama 6 jam...Alhamdulillah sakitnya berkurang, tetapi mengantuk terus...semoga lekas sembuh...yg paling utama itu sehat...karena semua obat kimiawi pasti ada efek sampingnya...jadi stay healthy dan hargailah nikmat dan karunia yg Allah berikan....jaga kesehatan, pola makan yg baik olah raga dan istirahat cukup

    ReplyDelete
  7. Saya minum obat ini setelah terjatuh dari tangga dan pingsan selama 6 jam...Alhamdulillah sakitnya berkurang, tetapi mengantuk terus...semoga lekas sembuh...yg paling utama itu sehat...karena semua obat kimiawi pasti ada efek sampingnya...jadi stay healthy dan hargailah nikmat dan karunia yg Allah berikan....jaga kesehatan, pola makan yg baik olah raga dan istirahat cukup

    ReplyDelete
  8. Apakah obat ini memngandung doping?

    ReplyDelete
  9. Apakah obat ini memngandung doping?

    ReplyDelete
  10. Saya jadi khawatir setelah membacanya saya sedang mengkomsumsi obat ini dan obat ciprofloxasin setelah jatuh dari motor mendapat 5 jahitan diplipis,tapi koh malah badanya pegal semua pada bengkak di tangan kiri dan susah digerakan,klo batuk perut sebelah kiri sakit apa sebaiknya berhenti atau lanjut minum obatnya baru minum 2 kablet

    ReplyDelete
  11. tadi saya periksa di bidan, dan saya mendapatkan obat ini. katanya untuk nyeri saat hamil. tapi kok lihat kandungan dan efek sampingnya seram juga ya? baru minum satu tablet

    ReplyDelete
  12. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    https://judislotgratis.siterubix.com/cara-pemilihan-bibit-ayam-aduan-terbaik/

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.biz/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete