Monday, 14 February 2011

Bunga Lily (Lilium)


Bunga Lily atau Lilium sesungguhnya adalah bunga musim panas. Bunga cantik ini memperindah taman anda dengan warna cerah dan harum semerbak wanginya. Mereka selalu ditunggu-tunggu oleh para tukang kebun, kehadirannya di taman sering dihormati sebagai ratu kebun. Ada ungkapan bahwa bunga Lily adalah perhiasan taman surgawi.

Nama Lily atau Lilium adalah bentuk Latin berasal dari kata Yunani, Leirion. Warna putihnya terlihat suci. Kelopaknya yang besar dan mengecil, melengkung dengan indah dan anggun. Setiap memekar, selalu terbuka sempurna dan penuh keteguhan hati. Harumnya terasa lembut, membuat hati terasa tenang.

Bunga lily adalah bunga orang dewasa, bunga yang anggun dan penuh kekuatan hasrat hidup seorang wanita. Itu yang membedakannya dengan bunga melati, yang memberikan ketenangan untuk mengantar kepergian orang terkasih, meskipun sama - sama putih.

Lili sangat mudah tumbuh, beberapa varietas dapat ditemukan tumbuh liar dalam jumlah besar. Lili membutuhkan masa aktif dingin untuk berkembang. Ini berarti bahwa mereka tumbuh terbaik di daerah-daerah yang mendapatkan setidaknya udara dingin yang sejuk. Lili membutuhkan udara lembab dan sedikit asam tanah. 

Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan terkadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Waktu hidup bunga lily juga lebih lama dari yang lainnya. Kuat bertahan lebih lama dan wanginya lebih lama. Dan harganya yang jauh lebih mahal dari bunga lainnya, memang sepadan dengan kualitas dan keindahannya. Hanya yang terpilih dan mampulah yang bisa memilikinya.

Bunga Lili adalah bunga yang dihargai sejak zaman kuno, terutama di kalangan orang-orang Yahudi dan Yunani. Legenda mengatakan bahwa bunga bakung tumbuh dari air mata Hawa ketika ia dibuang dari Taman Eden. Bunga lily disebutkan banyak kali di dalam Alkitab. Lembah bunga lily mewakili Perawan Maria dan Kebangkitan Yesus Kristus. Bunga bunga lily populer di kekristenan masa-masa ini, karena melambangkan kesucian.

Penyebaran  bunga lily meliputi wilayah Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar wilayah Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke wilayah selatan Kanada melalui Amerika Serikat.

Ada beberapa tanaman yang juga disebut sebagai lily, tetapi sebenarnya bentuk ataupun jenisnya jauh berbeda dari lily yang sebenarnya.

Jenis Bunga Lily yang populer adalah sebagai berikut: Madonna lily, Tiger lily, Asiatic lily, Oriental Trumpet, Rubrum lily, Canna lily (tropis), Calla lily, Daylily dan Wild lily. Asiatic lily dan bunga lili Oriental lebih sering terjadi di belahan bumi utara.

Bunga Lily merupakan tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Terdapat sekitar 100 jenis Bunga lily. Berwarna lembut serta memiliki keharuman yang khas membuat bunga ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong. Namun selain dikagumi karena bentuk bunganya yang cantik, ada beberapa jenis lily terkadang ditanam lalu dipanen hanya untuk diambil umbinya saja.

Biasanya bunga lily tumbuh menyesuaikan diri dengan habitatnya, seperti daerah berhutan, pegunungan atau terkadang daerah rerumputan. Bahkan beberapa dapat bertahan hidup di tanah rawa dan memiliki akar mengambang seperti yang terkenal di Asia Tenggara (Lilium Arboricola). Tetapi pada umumnya tanaman ini dapat tumbuh baik di tanah yang gembur.

Bunga Lily merupakan jenis bunga yang rimbun. Untuk bunganya sendiri, bunga ini terdiri dari enam kelopak yang cukup besar, biasanya wangi dan memiliki beragam warna mulai dari putih, kuning, oranye, merah muda, merah dan ungu. Ada juga yang berbintik-bintik dan bergaris-garis lembut.

Bunga Lily memiliki kelebihan diantaranya dapat bertahan hidup lebih lama juga memiliki wangi yang tahan lama  jika dibandingkan dengan bunga lainnya.

Perawatan


Untuk perawatannya, bunga lily sangat memerlukan air yang cukup agar tidak kekeringan. Dan ingat, jangan tempatkan tanaman lily di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Akar tanaman ini biasanya cukup banyak dan menjuntai keluar oleh karena itu Anda perlu mengganti media tanamnya bila akar tanaman lily telah membentuk bola hingga dinding pot. Untuk pergantian ini sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan dimana pada saat itulah tanaman lily dalam kondisi aktif tumbuh.

Jenis Lily

Menurut bentuknya sendiri, secara garis besar terdapat 3 bentuk bunga lily,
  • Bowl Shaped : Kelopak bunga melebar keluar dan bunganya berukuran sangat besar
  • Trumpet Shaped : Kelopak bunga menbentuk tabung dan melengkung diujungnya, seperti terompet.
  • Turk\'s Cap-Shaped : Kelopak bunga bergulung keluar (sangat melengkung)
Sedangkan menurut speciesnya, secara garis besar terdapat 4 jenis lily,
  • Lilium Regale, terkadang dikenal sebagai Regal Lily atau Lilium Trumpet Regale. Memiliki bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan pangkal kuning dan wangi yang semerbak.
  • Lilium Henryi, merupakan species asal China, berwarna oranye. Berbentuk tegap dan biasanya berbunga banyak.
  • Lilium Candidum, berasal dari Timur Tengah.  Sangat harum dan sangat popular.
  • Lilium Lancifolium,  berbentuk Turk\'s Cap,  berwarna orange dengan bintik-bintik yang gelap.
Manfaat
  • Sebagai bunga potong atau bunga hias, Bila disandingkan dengan bunga lainnya, bunga lily takkan mencolok dan menyita perhatianmu, sebaliknya justru menyokong dan melembutkan penampilan bunga lainnya sehingga terlihat keindahan sempurna. Buket tanpa bunga lily, hanya akan menjadi kontes bunga cantik. Tidak tertangkap keindahan keseluruhannya.

  • Sebagai bahan kosmetika, Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol.

    Saponin
    ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung). Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.

     Polisakarida yang juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.

  • Sebagai bahan obat-obatan, Membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tanpa bekas.

  • Sebagai bahan parfum

5 comments:

  1. Wah membantu sekali,
    mksh atas infonya
    salam.....

    ReplyDelete
  2. cuma mahu bertanya..benarkah bunga ini beracuN?

    ReplyDelete
  3. Aslmkm..klo nyari bibit lili oriental dmn ya...bs bantu sy? Tq...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di
    http://www.pengrajinalatmusikdrumband.com/

    ReplyDelete