Wednesday 23 February 2011

Kepribadian Introvert


Kepribadian Introvert merupakan kepribadian manusia yang tertutup, sehingga mereka cenderung memilih untuk sendirian atau bertemu dengan sedikit orang. Orang dengan tipologi kepribadian introvert adalah orang yang mengarahkan orang ke dunia dalam. Orang Introvert lebih berpikir ke arah subjektif atau dirinya sendiri.

Oleh karena itu rata-rata orang yang berkepribadian introvert kurang menikmati keramaian. Wajar jika orang yang interovert biasanya memilih berkarir dalam bidang yang tidak banyak bertemu dengan banyak orang seperti sekretaris, peneliti, akuntan. 

Biasanya para introvert hanya berbicara seperlunya, kalau memang ada informasi yang ingin dia sampaikan.  dan mereka hanya berbicara mengenai apa yang memang ingin mereka bicarakan. Pada kadar yang tinggi orang introvert jika ditanya akan diam terlebih dahulu memikirkan apa yang akan mereka ucapkan, setelah itu baru mereka berbicara.

Bahasa, bagi mereka adalah alat untuk menyampaikan informasi. introvert terkesan lebih menutup diri. Bagi seorang introvert, apa “untungnya” ngobrol, basa-basi, kalau tidak ada yang ingin disampaikan? Sehingga, kalau memang tidak ada informasi, maka diam tidak apa-apa. Dua orang di satu tempat berdekatan, tanpa bicara satu sama lain, bagi mereka, itu oke-oke aja.

Orang yang naturally introvert : sumber semangatnya/ energinya berasal dari dalam diri sendiri.  Orang introvert, tidak selalu orang yang pasif, pemurung, atau tidak bisa bergaul. Orang yang introvert bisa saja orang yang aktif, periang dan suka bersosialisasi, namun biasanya setelah sekian waktu bersosialisasi, orang introvert perlu privacy, butuh ketenangan, Bagi seorang Introvert keramaian membuat tenaga mereka cepat terkuras. Oleh karena itu biasanya mereka hanya sekali-kali berinteraksi, kemudian diam.

Ketika sedang stress, introvert lebih senang menyendiri atau hanya mau berbagi kepada satu atau dua orang yang mereka percaya. Bagi introvert suasana sepi adalah suasana yang nyaman.

Menurut Carl Gustav Jung, orang-orang introvert adalah mereka yang terampil dalam melakukan perjalanan ke “dunia dalam”, yaitu diri mereka sendiri. Mereka selalu mencoba memahami diri mereka sendiri dengan melakukan banyak perenungan dan berkontemplasi. Pada akhirnya, mereka menjadi orang yang memahami dirinya, berpendirian keras, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya.

Dalam hal hubungan pria dan wanita, orang Introvert cenderung lebih sulit melakukan approach, tetapi dalam hal dating mereka lebih unggul karena mereka biasanya bisa membuat suatu hubungan personal yang lebih dalam. Di sinilah keunggulan seorang introvert. Ketika berinteraksi dengan seorang introvert arah pembicaraan akan lebih dalam, berbeda dengan ekstrovert yang lebih general.

Mengapa demikian?

Seorang introvert seringkali disibukkan dengan dirinya sendiri dan kurang peka terhadap lingkungannya. Pada akhirnya lingkungannya juga tidak dapat menerima seorang introvert dengan baik. Mereka tahu apa yang mereka mau, namun sulit untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Hal ini membuat orang introvert seringkali dicap sebagai orang aneh. Untuk mengerti pemikiran seorang introvert, maka anda harus meluangkan waktu lebih banyak untuk berkomunikasi dengannya. Inilah mengapa ketika kita berbicara dengan seorang introvert, maka kita akan diajak menuju pembicaraan yang lebih dalam.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa ciri kepribadian Introvert sebagai berikut”
  • Tertarik dengan pikiran dan perasaannya sendiri
  • Memerlukan teritori atau dunia mereka sendiri
  • Perfeksionis
  • Tampil dengan muka pendiam dan tampak penuh pemikiran
  • Biasanya tidak mempunyai banyak teman
  • Sulit membuat hubungan baru
  • Menyukai konsentrasi dan kesunyian
  • Tidak suka denga kunjungan yang tidak diharapkan dan tidak suka mengunjungi orang lain
  • Bekerja dengan baik sendirian
  • Biasanya pemalu
  • Tidak suka atau tidak berani tampil di depan umum
Faktor Pembentuk Kepribadian

Kepribadian, dalam beberapa hal memang dibentuk oleh lingkungan, terutama oleh pola asuh. Anak yang diasuh oleh orangtua yang pendiam, cenderung berkepribadian introvert bila dibandingkan dengan anak yang diasuh oleh orangtua yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang nantinya akan cenderung menjadi anak ekstovert.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Orang yang berkepribadian introvert, tidak jarang disisihkan teman-temannya. Namun di sisi lain orang yang jenius biasanya berasal dari manusia yang berkepribadian introvert, selain itu mereka biasanya sensitif serta detail dalam berpikir.

Karena cara berfikirnya yang mendalam, maka seringkali orang menganggap, orang yang introvert adalah orang yang tidak menarik. Tentu yang terbaik adalah meninjau kepribadian sendiri-sendiri dan melihat kelemahannya masing-masing dan kemudian membuat langkah yang sistematik untuk melakukan perbaikan.

Introvert lebih mengacu kepada orang yang sibuk dengan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang introvert juga akan memilih untuk menyendiri jika ingin menyegarkan hati dan pikirannya.

Jika setelah seharian mereka lelah bekerja dan menghabiskan waktu dengan banyak orang, orang yang introvert lebih suka menghabiskan sisa harinya dengan menyendiri. Orang yang introvert tidak terlalu suka berkumpul dan menceritakan pengalamannya, maka orang-orang mengatakan orang introvert adalah para penyendiri, sendirian, Orang introvert lebih suka berpikir sebelum berbicara.
 
Orang introvert memang harus mebutuhkan waktu lebih banyak, untuk bisa nyaman dengan orang asing. Ini bukan berarti ia harus menghabiskan waktu dengan berlatih bergaul. Lebih baik cobalah selektif dalam memilih pertemuan tertentu yang mungkin bisa bermanfaat untuk karier dan hidup.

Jika ingin membangun jaringan professional atau jaringan pertemanan sosial,  media internet, mungkin merupakan sarana yang sangat baik, bagi mereka. Wadah ini membuat orang introver bisa berpikir sejenak sebelum berbicara'. Internet adalah kekuatan, bagi orang introvert.
Karena itulah, Internet, menjadi media yang populer bagi para introvert. Karena di Internet sebagian besar komunikasi dilakukan untuk menyampaikan informasi.

9 comments:

  1. wah boleh minta ulsan lebih jauh tentang introvert dunk penasaran nih.hehehheheh...

    ReplyDelete
  2. Wah bgus skali artikelnya.. Saya sendiri jg adalah seorang introvert.. Terimakasih bnyak ya bwt pengetahuannya. :-)

    ReplyDelete
  3. wow seperti saya .

    ReplyDelete
  4. wah, mirip banget nih dg kepribadian saya, perfeksionis karena berpikirnya detail, dan cenderung tahu dg perasaan diri sendiri, dan terkadang dianggap kasar dalam bicara, padahal sulit berkomunikasi

    ReplyDelete
  5. Individualis bukan dosa hehee

    ReplyDelete
  6. sayang orang2 non introvert sering kali tidak mengerti dan selalu beranggapan salah sama orang introvert.. pengalaman pribadi.. :D

    ReplyDelete
  7. Cukup lama saya dikatakan orang bhw saya introvert tapi rasanya saya dapat menjadi pimpinan yg baik dari suatu lingkungan,tetapi semua yg ditulis hsmpir 90% sifat saya,thanks infonya,hanya keberadaan sy yg introvert menjadi sesuatu yg kurang nyaman dikeluarga saya.

    ReplyDelete
  8. aku menyukai seorang introvert, aku juga yakin dia menyukaiku, tapi bingung cara menghadapainya.
    gimana caranya ? mohon sarannya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, saya seorang introvert. hem menurutt saya sih kamu cari aja persamaan antara kalian, lalu ajak pembicaraan kalian lebih mendalam (bukan yang basa basi) dan coba aja masuk ke dalam dunia nya dan biarkan dia cerita tentang dunia nya. namun disini kamu perlu kesabaran lebih untuk menjadi pendengar.

      Delete