Sunday, 10 March 2013

ACE Inhibitor

ACE inhibitor atau angiotensin-converting enzyme inhibitor, adalah kelompok obat yang bekerja dengan cara menghambat kinerja angiotensin-converting enzyme (ACE), yakni suatu enzim yang berperan dalam sistem renin-angiotensin tubuh, yang mengatur volume ekstraseluler (misalnya plasma darah, limfa, dan cairan jaringan tubuh), dan vasokonstriksi arteri. 

ACE memiliki dua fungsi utama di tubuh, fungsi pertama adalah sebagai katalisator angiotensin I menjadi angiotensin II. Angiotensin II merupakan senyawa vasokonstriktor kuat. Sedangkan fungsi ACE yang kedua adalah sebagai pengurai bradikinin, yang merupakan vasodilator kuat. 

Kedua fungsi ACE tersebut menjadikan penghambatan ACE mempunyai peranan sangat penting dalam perawatan penyakit tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan diabetes mellitus tipe 2. 

Penghambatan ACE akan berakibat menurunnya pembentukan angiotensin II dan menurunnya metabolisme bradikinin, dengan demikian akan terjadi dilasi (pelebaran) sistematik pada arteri dan vena, serta penurunan tekanan darah arteri.

Akan tetapi penghambatan ACE, yang juga secara langsung akan menghambat pembentukan angiotensin II dapat menyebabkan pengurangan sekresi aldosteron (yang dimediasi angiotensin II) dari korteks adrenal. Hal ini akan mengakibatkan penurunan penyerapan kembali air dan natrium, serta pengurangan volume ekstraseluler.

Obat penghambat ACE diindikasikan untuk hal-hal berikut ini:
  • pencegahan kelainan kardiovaskuler
  • gagal jantung kongestif (congestive heart failure)
  • tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • disfungsi ventrikel kiri
  • pencegahan nefropati (kerusakan ginjal) pada diabetes mellitus
Seringkali obat penghambat ACE dikombinasikan dengan diuretik (biasanya golongan thiazida) pada kasus hipertensi , dan diuretika furosemid pada gagal jantung kronik untuk meningkatkan kontrol simtomatik.

Terdapat 3 kelompok obat penghambat ACE, yang dibagi berdasarkan struktur molekulnya, yakni:
  1. Kelompok yang mengandung sulfidril, contohnya kaptopril dan zofenopril
  2. Kelompok yang mengandung dikarboksilat, contohnya enalapril, ramipril, quinapril, perindopril, lisinopril, dan benazepril.
  3. Kelompok yang mengandung fosfonat, contohnya adalah fosinopril.
Hendaknya obat penghambat ACE digunakan secara hati-hati pada orang yang mengalami kerusakan fungsi ginjal, dehidrasi, dan hemodialisis. Efek samping yang diakibatkan oleh obat  penghambat ACE pada kurang dari 1% pasien meliputi hipotensi, batuk, hiperkalemia, pusing, sakit kepala, dan mual.

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

    ReplyDelete