Wednesday, 13 March 2013

Insulin Injeksi Pada Terapi Diabetes

Insulin injeksi digunakan untuk mengkontrol gula darah pada orang yang menderita diabetes melitus tipe 1 (suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga tidak mampu mengontrol sejumlah gula darah) atau pada penderita diabetes mellitus tipe 2 ( suatu kondisi dimana gula darah terlalu tinggi karena tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin secara normal), yang tidak dapat dikontrol dengan obat anti diabetik oral saja

Insulin sebenarnya merupakan hormon yang secara normal diproduksi oleh tubuh. Insulin injeksi digunakan untuk menggantikan tempat insulin yang secara normal diproduksi oleh tubuh. mekanisme kerjanya adalah dengan membantu pergerakan glukosa dari darah ke dalam jaringan tubuh untuk digunakan sebagai energi. Insulin juga akan mencegah liver untuk memproduksi lebih banyak lagi glukosa. Semua jenis tipe insulin yang ada, bekerja melalui cara ini. Berbagai jenis insulin, hanya berbeda dalam hal mula kerja dan lama kerjanya dalam mengkontrol gula darah. Berdasarkan mula kerja dan lama kerjanya, insulin dibdakan menjadi 4 kelompok, yaitu:
  1. insulin masa kerja singkat (short acting insulin), disebut juga insulin regular 
  2. insulin masa kerja sedang (intermediet-acting) 
  3. insulin masa kerja sedang dengan mula kerja cepat 
  4. insulin masa kerja panjang (long acting insulin)

Respon individu terhadap terapi insulin cukup beragam, oleh sebab itu jenis sediaan insulin mana yang diberikan kepada seorang penderita dan frekuensi penyuntikannya ditentukan secara individual, bahkan seringkali memerlukan penyesuaian dosis terlebih dahulu. 

Umumnya pada tahap awal diberikan sediaan insulin dengan kerja sedang, kemudian ditambahkan insulin dengan kerja singkat untuk mengatasi hiperglikemia setelah makan. Insulin kerja singkat diberikan sebelum makan, sedangkan insulin kerja sedang umumya diberikan satu atau dua kali sehari dalam bentuk suntikan subkutan. Namun karena tidak mudah bagi penderita untuk mencampurnya sendiri, maka saat ini tersedia sediaan campuran tetap dari kedua jenis insulin regular ® dan insulin kerja sedang (NPH).
 

Efek Samping :


  • Hipoglikemia 
  • Kemerahan, bengkak dan gatal ddaerah suntikan
  • perubahan sensasi rasa di kulit
  • rash dan atau rasa gatal di seluruh tubuh
  • napas cepat dan dangkal
  • wheezing ( mengi)
  • pandangan kabur
  • denyut jantung meningkat
  • berkeringat
  • sulit bernapas atau menelan
 

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

    ReplyDelete