Friday 8 July 2011

Geoffrey Wilkinson

Geoffrey Wilkinson ialah seorang kimiawan Inggris yang memenangkan Nobel Kimia pada tahun 1973.

Ia lahir Springside dekat Yorkshire, pada 14 Juli 1921 dan meninggal di London, 26 September 1996, oleh karena gagal jantung. Ayahnya bernama Harold Wilkinson dan ibunya bernama Ruth Crowther. Ia mempunyai saudara laki-laki yang bernama John Wilkinson. Dari hasil perkawinannya dengan Lise Solver, seorang ahli Fisiologi, ia mendapatkan dua putri bernama Anne dan Pernile

Wilkinson belajar di Imperial College, London pada tahun 1932, dan lulus di tahun 1941. Setelah bekerja untuk proyek energi nuklir di Kanada, Wilkinson pindah ke Amerika Serikat, di mana kelak ia menjadi mitra penelitian di Massachusetts Institute of Technology, dan kemudian ke Harvard University, dan pada tahun 1955 ia diangkat sebagai profesor kimia anorganik di Imperial College, London, di mana ia mulai bekerja pada kompleks logam transisi.

Wilkinson banyak dikenal akan penemuan katalis Wilkinson RhCl(PPh3)3 dan penelitiannya akan struktur ferosena. Katalis Wilkinson digunakan di bidang industri dalam proses hidrogenasi alkena ke alkana. Pada tahun 1973, ia dianugerahi Penghargaan Nobel Kimia untuk karyanya dalam senyawa organometal bersama dengan Ernst Otto Fischer.

No comments:

Post a Comment