Friday, 18 March 2011

Reptil


Reptil (binatang melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan ciri umum kelas ini yang membedakan dengan Kelas yang lain adalah seluruh tubuhnya tertutup oleh kulit kering atau sisik. Kulit ini menutupi seluruh permukaan tubuhnya dan pada beberapa anggota ordo atau sub-ordo tertentu dapat mengelupas atau melakukan pergantian kulit, baik secara total yaitu pada anggota Sub-ordo Ophidia dan pengelupasan sebagian pada anggota Sub-ordo Lacertilia. Sedangkan pada Ordo Chelonia dan Crocodilia sisiknya hampir tidak pernah mengalami pergantian atau pengelupasan. Kulit pada reptil memiliki sedikit sekali kelenjar kulit.

Kata Reptilia berasal dari kata reptum yang berarti melata. Reptil pertama muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, reptil diyakini merupakan turunan dari amfibi, dan selama evolusi mereka, telah menghasilkan banyak keturunan yang unik, yang paling terkenal adalah dinosaurus. Keberadaan reptil saat ini dapat dijumpai di seluruh dunia, kecuali di Antartika.



Reptilia merupakan kelompok hewan darat pertama yang sepanjang hidupnya bernafas dengan paru-paru. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai), akan tetapi pada beberapa diantaranya tungkainya mengalami reduksi atau hilang sama sekali seperti pada serpentes dan sebagian lacertilia. Reptilia yang tidak mengalami reduksi tungkai umumnya memiliki 5 jari atau pentadactylus dan setiap jarinya bercakar. 

Mayoritas reptil adalah ovipar (bertelur) meski beberapa spesies Squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia. Reptil yang berkembang biak dengan bertelur, embrionya diselubungi oleh membran amniotik. Rangkanya reptilia mengalami osifikasi sempurna dan bernafas dengan paru-paru.

Semua Reptil bernafas dengan paru-paru. Jantung pada reptil memiliki 4 lobi, 2 atrium dan 2 ventrikel. Pada beberapa reptil sekat antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri tidak sempurna sehingga darah kotor dan darah bersih masih bisa bercampur. Reptil merupakan hewan berdarah dingin yaitu suhu tubuhnya bergantung pada suhu lingkungan atau poikiloterm. Untuk mengatur suhu tubuhnya, reptil melakukan mekanisme basking yaitu berjemur di bawah sinar matahari. 

Saluran ekskresi Kelas Reptilia berakhir pada kloaka. Ada dua tipe kloaka yang spesifik untuk ordo-ordo reptilia. Kloaka dengan celah melintang terdapat pada Ordo Squamata yaitu Sub-ordo Lacertilia dan Sub-ordo Ophidia. Kloaka dengan celah membujur yaitu terdapat pada Ordo Chelonia dan Ordo Crocodilia.


Pada anggota lacertilia, lidah berkembang baik dan dapat digunakan sebagai ciri penting untuk identifikasi. Semua reptil memiliki gigi kecuali pada ordo testudinata. Pada saat jouvenile, reptil memiliki gigi telur untuk merobek cangkang telur untuk menetas, yang kemudian gigi telur tersebut akan tanggal dengan sendirinya saat mencapai dewasa. 


Beberapa jenis reptil memiliki alat pendengaran dan ada yang yang dilengkapi telinga luar atupun tidak. Pada beberapa jenis lainnya, alat pendengaran tidak berkembang. Mata pada reptil ada yang berkelopak dan ada yang tidak memiliki kelopak mata. Kelopak mata pada reptil ada yang dapat digerakkan dan ada yang tidak dapat digerakkan dan ada juga yang berubah menjadi lapisan transparan.  


Habitat dari Kelas Reptilia ini bermacam-macam. Ada yang merupakan hewan akuatik seperi penyu dan beberapa jenis ular, semi akuatik yaitu Ordo Crocodilia dan beberapa anggota Ordo Chelonia, beberapa Sub-ordo Ophidia, terrestrial yaitu pada kebanyakan Sub-kelas Lacertilia dan Ophidia, bebepapa anggota Ordo Testudinata, sub terran pada sebagian kecil anggota Sub-kelas Ophidia, dan arboreal pada sebagian kecil Sub-ordo Ophidia dan Lacertilia.

Sistematika

Saat ini terdapat sekitar 8.700 jenis yang tergabung dalam kelas Reptilia dan kelas reptil sendiri dibagi menjadi 4 ordo yang anggota-anggotanya adalah sebagai berikut:



Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Sub Filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Subkelas : Anapsida

1. Ordo Testudinata/Chelonia (kura-kura, penyu, bulus, katak dan terrapin): sekitar 300 spesies
Subordo : Pleurodira
Familia Chelidae, Familia Pelomedusidae, Podocnemydidae
Subordo : Cryptodira
Super Familia : Testudinoidea
- Familia Emydidae, Familia Testudinidae,
Super Familia : Trionychoidea
- Familia Carettochelydae, Familia Dermatemydidae, Familia Kinosternidae, Familia Trionychidae.
Super Familia : Chelonioidea
- Familia Cheloniidae, Familia Dermochelydae
Familia Chelydridae, Familia Platysternidae,
Subkelas : Diapsida
Infrakelas : Lepidosauria


3. Ordo Squamata (kadal, ular, dan amphisbaenia (worm lizard = kadal cacing) : sekitar 7.900 spesies
Subordo : Serpentes/Ophidia
Familia Acrochordidae, Familia Elaphidae, Familia Pythonidae, Familia Crotalidae, Familia Xenopeltidae, Familia Cylindrophiidae, Familia Viperidae, Familia Colubridae, Familia Typhlopidae, Familia Boidae, Familia Hydropiidae,
Subordo : Lasertilia/Sauria
Familia Gekkonidae, Familia Pygopodidae, Familia Iguanidae, Familia Familia Agamidae, Familia Chamaeleonidae, Familia Scincidae, Familia Helodermatidae, Familia Varanidae
Subordo : Amphisbaenia
Familia Amphisbaenidae, Familia Bipedidae, Familia Rhineuridae, Familia Trogonophidae
Infrakelas : Archosauria

4. Ordo Crocodilia (buaya, garhial, senyulong, caiman, dan alligator): 23 spesies
Familia Crocodilidae, Familia Gavialidae, Familia Alligatoridae

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete