Friday 2 September 2011

Bakteri

Bakteri adalah kelompok besar bersel tunggal, mikroorganisme prokariot. Biasanya beberapa mikrometer panjangnya, bakteri memiliki berbagai bentuk, mulai dari bola, batang maupun spiral. Bakteri ada di mana-mana, di setiap habitat di bumi, tumbuh di tanah, limbah radioaktif, asam air panas, air, dan jauh di kerak bumi, serta bahan organik dan tubuh makhluk hidup mulai dari tumbuhan, hewan, sampai manusia.

Ada sekitar 40 juta sel bakteri, dalam satu gram tanah dan satu juta sel bakteri pada satu mililiter air tawar, dan ada sekitar lima nonilion (5 × 10 pangkat 30) bakteri di Bumi, yang terdapat di banyak biomassa dunia. Bakteri sangat penting dalam proses daur ulang nutrisi, dengan banyak langkah dalam siklus hara yang tergantung pada organisme ini, seperti fiksasi nitrogen dari atmosfer dan pembusukan. Namun, kebanyakan bakteri belum ditandai, dan hanya sekitar setengah dari filum bakteri memiliki spesies yang dapat tumbuh di laboratorium. Studi bakteri. Dikenal sebagai bakteriologi, cabang mikrobiologi.

Ada sekitar sepuluh kali lebih banyak sel-sel bakteri dalam flora manusia, karena ada sel manusia dalam tubuh, dengan sejumlah besar bakteri pada kulit dan sebagai flora usus. Sebagian besar dari bakteri dalam tubuh. Diserahkan berbahaya oleh dampak perlindungan dari sistem kekebalan tubuh, dan beberapa yang bermanfaat. Namun, beberapa spesies bakteri bersifat patogen dan menyebabkan penyakit menular, termasuk kolera, sifilis, anthrax, kusta dan penyakit pes. Penyakit yang paling umum bakteri fatal adalah infeksi saluran pernapasan, dengan tuberkulosis saja membunuh sekitar 2 juta orang per tahun, kebanyakan di sub-Sahara Afrika. Di negara-negara maju, antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan di bidang pertanian, sehingga resistensi antibiotik menjadi umum. Dalam industri, bakteri yang penting dalam pengolahan limbah, produksi keju dan yogurt melalui fermentasi, serta di bidang bioteknologi, dan pembuatan antibiotik dan bahan kimia lainnya.

Setelah dianggap sebagai tanaman yang merupakan Schizomycetes Kelas, bakteri sekarang diklasifikasikan sebagai prokariota. Tidak seperti sel hewan dan eukariota lainnya, sel-sel bakteri tidak mengandung inti dan jarang pelabuhan organel membran-terikat. Meskipun bakteri istilah tradisional termasuk semua prokariota, klasifikasi ilmiah berubah setelah ditemukannya pada 1990-an yang prokariota terdiri dari dua kelompok yang sangat berbeda dari organisme yang berkembang secara independen dari suatu nenek moyang kuno. Domain-domain ini disebut evolusi Bakteri dan Archaea.

No comments:

Post a Comment