Friday 9 September 2011

Brachiosaurus



Nama Brachiosaurus berasal dari bahasa Yunani brachion yang berarti "lengan" dan sauros berarti "kadal", Jadi Brachiosaurus berarti "lengan kadal", Brachiosaurus merupakan bagian dari dinosaurus sauropoda yang hidup dibagian barat Amerika Utara, pada Akhir Periode Jurassic, sekitar 160 - 145 juta tahun yang lalu dan mungkin Awal Periode Kapur. DInosaurus ini juga dapat ditemukan di Eropa dan Afrika

Brachiosaurus merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan yang sangat besar, bahkan dapat dikatakan sebagai dinosaurus yang paling besar dan paling berat yang pernah hidup. Panjangnya bisa mencapai 23 meter, dengan tinggi mencapai 13 meter dan beratnya dapat mencapai 70 - 80 ton, sebagai perbandingan, berat tersebut masih lebih berat dari 12 berat gajah Afrika. 

Karena tubuhnya yang sedemikian besar, dapat dibayangkan betapa besar dan kuatnya jantung yang dimilikinya, untuk memompa darah melalui lehernya yang panjang untuk sampai ke otaknya yang kecil. Bahkan para ilmuan menduga ia memiliki beberapa jantung untuk memenuhi kebutuhan darah untuk tubuhnya yang sedemikian besar tersebut.

Brachiosaurus memiliki rahang yang kuat dan gigi yang bentuk ujungnya mirip dengan garpu. Untuk memenuhi kebutuhan energi dan pertumbuhannya, ia membutuhkan makanan sekitar 1500 kg makanan perhari, dan ini hampir menyamai makanan dari 10 ekor gajah.Dan untuk memenuhi kebutuhan makanan ini, ia akan menjelajahi dan menjangkau daerah yang sangat luas, setiap harinya.

Brachiosaurus berjalan dengan keempat kakinya dan kaki depannya lebih panjang daripada kaki belakang, sehingga bentuk tubuhnya menurun sampai ke ekor, mirip jerapah. Hal ini sangat membantunya untuk mengimbangi berat lehernya

Pada tahun 1907, di Tanzania, Afrika, ditemukan fosil yang hampir lengkap, dari Brachiosaurus, tetapi belakangan diyakini bahwa fosil tersebut merupakan fosil Giraffatitan. Penelitian-penelitian yang akhir menunjukkan perbedaan yang signifikan antara Brachiosaurus yang ditemukan di Amerika Utara dengan Giraffatitan, sehingga Giraffatitan dikelompokkan pada genus tersendiri.



No comments:

Post a Comment